Gabungan yang Berbahaya – Rokok dan COVID-19

Pada tanggal 11 Maret 2020, WHO menyatakan bahwa penularan COVID-19 sebagai sebuah pandemi karena virus corona yang terus menyebar di seluruh dunia.

Meskipun banyak hal yang belum diketahui terkait virus SARS-CoV-2 dan COVID-19 serta penyakit  yang disebabkannya, sangat jelas bahwa pasien dengan penyakit tidak menular memiliki resiko yang lebih tinggi untuk tertular dan menderita hingga berujung kematian karena COVID-19.

Trend  penyakit tidak menular (PTM) terus meningkat, kebiasaan merokok merupakan faktor resiko  terjadinya PTM, oleh karena itu faktor resiko ini perlu di cegah. Rokok adalah penyebab utama TBC, penyakit menular paling mematikan di dunia, dan bukti-bukti menunjukkan bahwa pasien TBC memiliki resiko lebih tinggi karena adanya COVID-19.

Dokumen ini menjelaskan bukti penelitian dan berita tentang COVID-19 dan kaitannya dengan penyakit tidak menular, konsumsi tembakau, rokok dan vape, dan juga daftar upaya yang dapat segera dilakukan oleh pemerintah. Ingin tahu bagaimana seharusnya kita menyikapi pandemic covid-19 ini? dapat dibaca paparan dengan lengkap pada file pdf.

 

Print Friendly, PDF & Email
line
Translate »